RINGKASAN MATERI
Belajar
Menulis gelombang 10
Pertemuan
ke-2                       :  Selasa 28 April 2020
Waktu                                     : 13.00 –
15.00 wib
Pemateri
                                 :
Bpk.  Dr. Paidi,S.Pd, M.Pd.
Topik                                       : Menulis
Disain Pembelajaran Modern
Peresume                                 : Tini
Andriani, S.Pd.
Dalam materi ini dijelaskan tentang
bagaimana  menulis Desain pembelajaran
Modern yang pada saat ini sangat dibutuhkan oleh seorang pendidik dan tentunya
sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional.
Tujuan
Nasional Pendidikan adalah
1.      Mengembangkan kualitas sumber daya manusia, terarah,
terpadu dan menyeluruh melalui berbagai upaya produktif dan kreatif oleh
seluruh komponen bangsa, agar generasi muda dapat berkembang secara optimal
sesuai dengan potensinya (Sisdiknas)
2.      Kualitas sumber daya manusia akan menjadi kunci utama
dalam memenangi persaingan pada era MEA  (Dior (2014:14)
Salah
satu solusi memperbaiki ketidakefektifan belajar yang dikarenakan faktor alam
seperti bencana alam atau peristiwa luar biasa (Pandemi Virus Covid-19), maka
perlu pelaksanaan pembelajaran secara blended learning.
1.      DESAIN INSTRUKSIONAL
(The Systematic
Design of Instruction
oleh Dick & Carey )
-         
Identity
Instructional Goal(s)
-         
Conduct
instructional Analysis
-         
Analyze
Learners and Contexts
-         
Write
Performance Objectives
-         
Develop
Assessment Instruments
-         
Develop
Instructional Strategy
-         
Develop
and Select Instructional Materials;
-         
Design
and Conduct  Formative Evaluation of
Instruction
-         
Revise
Instruction.
2.      BLENDED
LEARNING
| 
     
Model Blended Learning oleh Norman Vaughan 
 | 
   
| 
     
Flipped classroom (Horn & Staker)  
 | 
   
Apa
sih blended learning itu?
Blended
learning  adalah program pendidikan
formal yang memungkinkan  siswa
belajar  ( paling tidak sebagian )
melalui konten dan petunjuk yang disampaikan secara daring dengan kendali
mandiri terhadap waktu , tempat , urutan, maupun  kecepatan belajar ( http://id.m.wikipedia.org)
3.      RESEARCH AND
DEVELOPMENT
The
Steps
of System Approach Model of Educational Reseach and Development (R&D), Fourth Edition
dan Eight Edition oleh Borg and Gall
Pada
pertemuan  hari ini secara online  Bpk. 
Dr. Paidi,S.Pd, M.Pd. membagikan banyak pengetahuan  yaitu tentang cara mendesain buku
pembelajaran  yang mengacu pada tokoh
yang fenomenal  bidang desain  pembelajaran beliau adalah Prof.Dr.Atwi
Suparman ( mantan Rektor UT ) dan Dick and Carry.
Ada
11 langkah dalam proses perancangan Desain pembelajaran 
1.      Data
dan informasi                       
masukan dari siswa
tentang materi  sulit yang harus    dipelajari lebih lanjut
2.      Identifikasi
Kebutuhan peserta
didik  terhadap mata pelajaran atau bahan
yang akan dirancang
3.      Analisis
instruksional mata pelajaran yang akan dirancang
4.      Menentukan
Gambaran karakteristik peserta didik sebagai target  atau pemakai buku 
5.      Membuat
rumusan tujuan instruksional 
khusus.  Maksud instruksional  bedasar kan sumber asli yang dikarang  oleh Dick dan carry  yaitu instructional)
6.      Melakukan
penyusunan tes
7.      Membuat
perencanaan  strategi instruksional/
pembelajaran yang digunakan dalam blended learning 
8.      Mengembang
kan dan memilih bahan instruksional.
a.       Bahan
tercetak  bisa menggunakan teori Rotwel 
b.      Bahan
online bisa menggunakan teori Hannafin
9.      Mengevaluasi
, setelah draf bahan langkah 1- 8 selesai
1.      One
to one expert dengan melibatkan 4 orang pakar ( pakar desain , pakar media,
pakar materi , pakar bahasa 
2.      One
to one learner melibatkan  3 siswa yang
berasal dari siswa peringkat atas , 3 m3n3ngah , 3 bawah 
3.      Evaluasi
small group melibatkan 9 siswa  yang
berasal dari kelompok melibatkan 9 siswa yang berasal dari kelompok menengah ke
bawah 
4.       Field trial 
:  tahapan uji coba  luas yang melibatkan 30 siswa dari kelompok
atas, menengah dan bawah.setiap tahapan dinamakan draf bahan pembelajaran
setelah filed trial dinamakan prototipe bahan pemeblajaran
10.  Melakukan evaluai
formatif
11.  Merancang dan Mengem
bangkan Evaluasi Sumatif
| 
     
Contoh buku hasil Desain versi Penerbit 
 | 
   
| 
     | 
   
Belajar
Menulis gelombang 10
Pertemuan
ke-2                       :  Selasa 28 April 2020
Waktu                                     : 13.00 –
15.00 wib
Pemateri
                                 :
Bpk.  Dr. Paidi,S.Pd, M.Pd.
Topik                                       : Menulis
Disain Pembelajaran Modern
Peresume                                 : Tini
Andriani, S.Pd.
Dalam materi ini dijelaskan tentang
bagaimana  menulis Desain pembelajaran
Modern yang pada saat ini sangat dibutuhkan oleh seorang pendidik dan tentunya
sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional.
Tujuan
Nasional Pendidikan adalah
1.      Mengembangkan kualitas sumber daya manusia, terarah,
terpadu dan menyeluruh melalui berbagai upaya produktif dan kreatif oleh
seluruh komponen bangsa, agar generasi muda dapat berkembang secara optimal
sesuai dengan potensinya (Sisdiknas)
2.      Kualitas sumber daya manusia akan menjadi kunci utama
dalam memenangi persaingan pada era MEA  (Dior (2014:14)
Salah
satu solusi memperbaiki ketidakefektifan belajar yang dikarenakan faktor alam
seperti bencana alam atau peristiwa luar biasa (Pandemi Virus Covid-19), maka
perlu pelaksanaan pembelajaran secara blended learning.
1.      DESAIN INSTRUKSIONAL
(The Systematic
Design of Instruction
oleh Dick & Carey )
-         
Identity
Instructional Goal(s)
-         
Conduct
instructional Analysis
-         
Analyze
Learners and Contexts
-         
Write
Performance Objectives
-         
Develop
Assessment Instruments
-         
Develop
Instructional Strategy
-         
Develop
and Select Instructional Materials;
-         
Design
and Conduct  Formative Evaluation of
Instruction
-         
Revise
Instruction.
2.      BLENDED
LEARNING
           bisa mengadopsi  model blended learning oleh norman Vaughan atau Flipped classroom ( Horn and staker)
| 
     | 
   
| 
     | 
   
Apa
sih blended learning itu?
Blended
learning  adalah program pendidikan
formal yang memungkinkan  siswa
belajar  ( paling tidak sebagian )
melalui konten dan petunjuk yang disampaikan secara daring dengan kendali
mandiri terhadap waktu , tempat , urutan, maupun  kecepatan belajar ( http://id.m.wikipedia.org)
3.      RESEARCH AND
DEVELOPMENT
The
Steps
of System Approach Model of Educational Reseach and Development (R&D), Fourth Edition
dan Eight Edition oleh Borg and Gall
Pada
pertemuan  hari ini secara online  Bpk. 
Dr. Paidi,S.Pd, M.Pd. membagikan banyak pengetahuan  yaitu tentang cara mendesain buku
pembelajaran  yang mengacu pada tokoh
yang fenomenal  bidang desain  pembelajaran beliau adalah Prof.Dr.Atwi
Suparman ( mantan Rektor UT ) dan Dick and Carry.
Ada
11 langkah dalam proses perancangan Desain pembelajaran 
1.      Data
dan informasi                       
masukan dari siswa
tentang materi  sulit yang harus    dipelajari lebih lanjut
2.      Identifikasi
Kebutuhan peserta
didik  terhadap mata pelajaran atau bahan
yang akan dirancang
3.      Analisis
instruksional mata pelajaran yang akan dirancang
4.      Menentukan
Gambaran karakteristik peserta didik sebagai target  atau pemakai buku 
5.      Membuat
rumusan tujuan instruksional 
khusus.  Maksud instruksional  bedasar kan sumber asli yang dikarang  oleh Dick dan carry  yaitu instructional)
6.      Melakukan
penyusunan tes
7.      Membuat
perencanaan  strategi instruksional/
pembelajaran yang digunakan dalam blended learning 
8.      Mengembang
kan dan memilih bahan instruksional.
a.       Bahan
tercetak  bisa menggunakan teori Rotwel 
b.      Bahan
online bisa menggunakan teori Hannafin
9.      Mengevaluasi
, setelah draf bahan langkah 1- 8 selesai
1.      One
to one expert dengan melibatkan 4 orang pakar ( pakar desain , pakar media,
pakar materi , pakar bahasa 
2.      One
to one learner melibatkan  3 siswa yang
berasal dari siswa peringkat atas , 3 m3n3ngah , 3 bawah 
3.      Evaluasi
small group melibatkan 9 siswa  yang
berasal dari kelompok melibatkan 9 siswa yang berasal dari kelompok menengah ke
bawah 
4.       Field trial 
:  tahapan uji coba  luas yang melibatkan 30 siswa dari kelompok
atas, menengah dan bawah.setiap tahapan dinamakan draf bahan pembelajaran
setelah filed trial dinamakan prototipe bahan pemeblajaran
10.  Melakukan evaluai
formatif
11.  Merancang dan Mengem
bangkan Evaluasi Sumatif
Komentar
Posting Komentar