Resume Belajar menulis Gel. 10 pertemuan 9 Proses Menerbitkan Buku Ajar



             
PROSES MENERBITKAN BUKU AJAR
Jumat tanggal 8 Mei 2020 Tini Andriani Mengikuti belajar menulis online Gelomabng 10 Pertemuan ke-9 bersam PGRI dengan narasumber Bpk. Joko Irawan Mumpuni.  Materi sekarang berbeda dari kemarin kali ini pembahasan tentang prose penerbita buku ajar.  Penjelasan detail terkait proses penerbitan buku. Ternyata sagat rinci dan rumit namun itulah langkah yang harus dilalui oleh seorang penulis jika ingin menerbitkan bukunya. Tata cara penulisan, cover, dan lainnya  harus sesuai dengan penerbit. Semuanya dilakukan sebagai upaya agar buku laris dipasaran.
Perlu kita ketahui terkait tulis menulis berada dimanakah posisi anda? Dibawah ini adalah posisi yang berhubungan harapan yang ingin diraih oleh  penulis.
                               

           
    Proses  penerbitan ada 4 alur pelaku penerbitan
1.      Penerbit
2.      Penyalur
3.      pembaca
4.        penulis
kembali pada Proses penerbitan  caranya adalah
Penulis yang menulis naskah  proses buku yang ada dipasaran dibaca oleh pembaca

Naskah yang sudah jadi dan dikirim ke penerbit namun butuh putuskan dulu dalam rapat para team akah naskah ini ditebitkan atau tidak.
Asumsikan saja naskah tidak ditolak tapi diterbitkan  berarti penerbit akan memberikan surat perjanjian kepada penulis dan penulis menunggu sampai ada softcopy dari penerbit.
Penerbit mengedit naskah dari sisi bahasa setelah itu di seting hiasan, tebal, huruf  sesuai dengan target market.
Selanjutnya naskah selesai edit maka akan dicetak 1 seperti buku yang akan diterbitkan namanya naskah yang disebut naskah kepada penulis  atau biasa disebut dengan proof untuk diedit lagi kemudian dikembalikan ke penerbit supaya tidak ada kesalahan yang terjadi.
Dari dasar koreksi penerbitkan koreksi  seperti kemauan penulis lalu dibuat film ,cetak film , cetak isi buku akan ditempelkan alat untuk  dicetak lembar demi lembar. Jilid , wraping setelah itu distribusi .
 Indikator penulis berhasil atau tidak jika berhasil akan mendapatkan kepuasan karena bermanfaat, reputasi terkenal oleh pembaca. Website mulai banyak subcribe , banyak yang add. Jika tidak ada indikasi apa-apa berarti tidak laku.
Dengan menulis karya karya meningkat  dan Indikator yang paling nyata adalah royalti , jika royalti besar berarti penulis berhasil. Peneribit menilai kesuksesan penulis  adalah peluang pasar.
Kesimpulannya buku yang sukses  adalah buku yang besar  pasarnya .
 Lalu naskah seperti apakah yang diterbitkan ?  menurut beliau inilah gambaran naskah yang bisa diterbitkan.
                             

Kelengkapan naskah dalam softcopy harus mencantumkan
1.      Daftar Isi
2.      Gambar dalam format JPGdengan resolusi  300 dpi
3.      Kata Pengantar
4.      Naskah lengkap
5.      Sinopsis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KAMPUNG TANGGUH

TATANAN HIDUP BARU

Semangat hari senin