BELAJAR MENULIS GELOMBANG 10. MOTIVASI MENULIS DAN BERPRESTASI



     
BELAJAR MENULIS BUKU ONLINE MOTIVASI MENULIS BUKU DAN BERPRESTASI
HARI KAMIS  7 MEI 2020
Mengumpulkan Literatur

 

  Setiap hari Tini Andriani  selama Work From Home (WFH) mengikuti kegiatan  belajar menulis online yang diadakan Oleh PGRI. Hari ini  tema yang akan dibahas adalah Motivasi  Menulis Buku dan Berprestasi.
Ini adalah pertemuan ke 8 dan setiap pertemuan berbeda narasumber  kali ini  narasumbernya adalah  Bpk . Dr. Imron Rosidi
Menulis adalah menuangkan  ide, gagasan, dan perasaan .  Tentunya setiap orang pasti memilikinya.
Orang bisa berbicara lancar itu mengungkapkan ide persaan gagasan  saat bertemu tidak ada yang dipikirkan. Tetapi menulis itu kebanyakan memikirkan bagaimana kata yang benar , tanda baca yang benar  . padahal sama antar menulis dan berbicara.  Oleh karena itu menulislah jangan memikirkan hal tersebut , jangan takut jelek , ataupun salah.
Biarlah tulisan kita awalnya tidak terlalu bagus. Yakin dengan terus berlatih akan ada peningkatan, dari segi kedalaman konten maupun bahasa. Teruslah menulis jangan Cuma dipelajari saja, layaknya seorang pemain sepak bola yang terus berlatih dengan minum vitamin setiap hari. Demikian pula dengan menulis dan vitamin bagi penulis  adalah dengan membaca buku  tentang menulis. Mari kita menulis, bisa diawali dengan menulis buku kumpulan puisi, kumpulan cerpen. Lanjut  ke buku umum, atau buku2 motivasi dan buku pelajaran. 
Lalu mengapa kita tidak mau menulis?
Banyak sekali alasannya diantaranya :
·         Belum tahu alasannya mengapa harus menulis
·         Tidak atau belum tahu cara menulis
Kemudian akan timbul pertanyaan  Mengapa kita harus menulis?
·                           * Sebagai Identitas diri
·                           * Uang / royalti
·                            *  Popularitas
·                            * Terpaksa ( tugas )
·                           * Berbagi inspirasi
·         Menyuarakan kebenaran
·         Sebarkan ilmu
Buku apa yang akan kita pilih.  Kita bisa menuliskan apa saja jika buku yang kita inginkan belum ada.
Syarat menulis apa saja ?
·         syarat yang utama adalah membaca 
dengan membaca dan membaca akan memperkaya kosakata dan informasi yang bisa kita tuangkan dalam tulisan. Bisa dibilang jan menulis jika kamu tidak  membaca ( don’,t  write  if you dont read)
·         *     Mau
·              *   Tekun
·             *   Nekad

Prinsip dalam menulis
·         Menulislah dengan jelek jangan takut salah
·         Orang yang tidak pernah membuat kesalahan artinya orang itu tidak pernah melakukan apa apa
·         Menulis itu ketrampilan jadi harus terus menulis
Untuk mendalami materi maka perlu menyiapkan
1.      Paper
Maksudnya adalah mengumpulkan literatur
2.      Person
Mulai meneentukan buku apa yang ingin ditulis. Ada berbagai jenis buku
1.      Buku pelajaran
2.      Antologi cerpen
3.      Antologi puisi
4.      Novel
5.      Buku agama
6.      Buku pendidikan
7.      Buku motivasi
8.      Buku Umum/ buku remaja
3.      Place
4.      Tempat dimana saja kita bisa menulis  misal medsos dan lain – lain .

Sesi tanya jawab  dalam belajar menulis buku online oleh peserta kepada Narasumber.
Pertanyaan 1
Yth.Bapak Imron Rosidi... terima kasih atas ilmunya siang hari ini, saya bu Beni Bojonegoro, ingin menanyakan bagaimana teknis menulis buku pelajaran yang menarik, kita tahu bahwa siswa milenial (meski tidak semuanya) kenyataannya kurang suka membaca buku, lebih menyukai youtube. Terima kasih
Narrasumber: Pertanyaan yg menarik. Sekarang ibu harus melihat dulu, siapa pembacanya. Masalah siswa sekarang lebih suka youtube karena memang peradabannya sudah seperti itu. Setiap hari dan detik buka hand phone, bukan buka buku.
Kalau menulis buku dan digemari penerbit (buku umum) ya menulis hal2 yg saat ini sdh hit. Mungkin tulisan tentang kiat belajar di rumah di saat pandemi virus corona lebih menarik. Atau tulisan yg berisi pengalaman orang – orang  sukses, bagaimana saat dia menjadi siswa juga menarik. Dicoba saja ibu. Jangan takut jelek dan tidak laku
Pertanyaan 2
Saya Fatma eviana dari Pati,
Say termasuk kategori yang sering di paparkan bapak ibu narasumber yg terhormat,  dari kecil saya suka membaca dan menulis dan slalu terputus ditengah jalan,  karena slalu mencari alasan dan slalu ada alasan itu,  salah satu nya adalah aturan pembuatan tulisan yang di paparkan bapak dalam ppt,  mohon di jelaskan lebih spesifik lagi karena saya slalu tergerak tetapi tidak bisa menulis... Terima kasih atas bantuannya pemahamannya...

Pertanyaan 3
Assalamualaikum bapak,, saya noralia dari Semarang,,materi yang bapak sampaikan benar2 motivatif sekali. Bahkan mahasiswa dan santripun sudah bisa menerbitkan buku sendiri. Jadi merasa malu saya.

Pertanyaan saya:
1. Passion saya lebih ke buku non fiksi, karena pernah membuat karya fiksi, hasilnya terlihat sangat sinetron sekali pak,,
Di buku non fiksi, apakah daftar pustaka disematkan juga dalam isi buku, ataukah cukup di sematkan di bagian daftar pustaka saja? Seperti ketika kita membuat artikel ilmiah.

2. Biasanya untuk terbitan pertama, penerbit akan mencetak bukunya sejumlah berapa eksemplar pak?

3. Untuk di buku antologi itu kan berarti buku keroyokan dari banyak penulis, untuk pemberian sistem royaltinya bagaimana?
4. Sebaiknya sebagai penulis pemula, ke penerbit mana ya pak kita dapat menawarkan buku kita?
Narasumber : Begini. Antara otak kita yg berjalan lancar dg tangan kita yg mengetik, jauh lebih cepat otak kita.
Narasumber :  Waktu menulis anggaplah sedang berbicara. Kalau ada yg salah saat mengetik, mungkin salah huruf, kurang huruf, kalimatnya kurang baik. Biarkan saja. Terus menulis jangan takut salah.
Narasumber :  Setelah dianggap selesai, mungkin  4 sd 6 paragrag paragraf. Dibaca lagi sambil membenahi yg salah
Narasumber :  Masalah kemandegan, belum selesai berhenti, itu karena kurangnya motivasi dlm.menulis. kalau menulis artikel populer, cerpen, puisi hrsnya sekali duduk. Malanya sebelum menulis, penuhi dulu wawasan kita ttg apa yg akan ditulis
Pertanyaan 4
Untuk langkah awal yang bisa memberi semangat kita untuk kita bisa menemukan sesuatu agar bisa berlanjut ke menulis buku itu apa pak? Astuti Triasmani, dari Yogyakarta



 Narasumber :
1. Daftar pustaka hanya di akhir tulisan. Bisa juga dg diberi footnote
2. Tergantung prediksi penerbit. Maaf, buku saya yg akan diterbitkan Kanisius Jogja, masih proses, akan diterbitkan 5rb eks. Kalau menerbitkan sendiri 5 eks bisa, 100 juga bisa
Pertanyaan 5
Selamat siang, pak Imron,     selain motivasi terdapat juga passion dalam menulis. Bagaimana menyelaraskan dan mensinergikan keduanya.  Tks. Yulius Roma-Tana Toraja.
Narasumber :  Biasanya penerbit major tdk menerbitkan buku antologi yang royoan
4. Sebagai penulis pemula, ke penerbit individu  atau menerbitkan sendiri dulu. Artinya dg biaya sendiri..nanti kalau dirasa tulisan kita bagus, baru kirim ke major. Ingat lihat visi penerbit
Pertanyaan 6
Nama: Fadli
Alamat : NTT
Pertanyaan : bagaimana tahapan dalam membuka dan menutup kalimat atau paragraf?
Terimakasih
Narasumber:
1. Seorang penulis itu harus selalu mempersejatai dg sebuah pena. Sekarang bisa dg hp untuk mencatat ide yg muncul tiba
2. Tdk boleh ditunda.
 Pertanyaan 7

Assalamu'alaikum,  maaf pak Dr. Imron yg hebat, sy akan bertanya apakah  karya tulis / buku untuk syarat naik pangkat dari gol. 3 ke gol 4 ada perbedaannya?  Terima kasih. (Winarti dari kota Tangerang)
Pertanyaan 8
Saya Reni dari Bantaeng Sulsel, mau tanya ke pak Doktor.
Sejak kapan Bapak mulai menulis buku? Bagaimana Bapak mengatasi jika Bapak sedang banyak urusan/kegiatan/acara dan jg harus meluangkan waktu untuk menulis?
Narrasumber: Terus tentukan, tulis dlm bentuk yg paling sederhana, artikel populer. Ini hanya 3 sd 5 halaman. Baca terus dan kirim ke majalah atau surat kabar. Misal ke radar dulu. Satu kali terbit maka nama jenengan akan dicatat oleh teamm redaktur.
Pertanyaan 9
Assalamualaikum.
Siti Fatimah, asal Mojokerto
Mohon ijin bertanya.
1. Jika ingin menerbitkan buku di penerbit mayor harus faham visi misi penerbit. Mohon mengupas beberapa penerbit beserta karakteristik tulisan yang diterima.
2. untuk kenaikan pangkat . Buku kumpulan puisi  dan cerpen karya sendiri,  masing2 buku isi berapa. Untuk bisa dinilai.
Terima kasih.
Pertanyaan 10
terimakasih ats pencerahan penjelasan sesudahnya Yth. Bpk.Dr.Imron.Saya Achmad Husin dBangka.yang ingin saya tanyakan.Bagaimana kiat2 cara cepat baca buku2.yang berkaitan dgn Buku akan di Tulis ?..dan brp buku minimal saya baca sehari ?...
Narrasumber: Tentunya setiap orang berbeda. Gairah dan motivasi keduanya sijoli dan berjodoh. Ketika ada motivasi aku hrs nukis agar siswaku bangga, saat itu bisa muncul gairah. Gairah ini akan terus bertambah ketika tukisan kita terbit. Waduh, akhirnya terus menulis dan menulis.
 Hanya cerita. Saya punya saudara guru SD di sebuah pulau terpencil. Satu buku selesai dan diterbitkan sendiri. Banyak orang beri apresiasi. Akhirnya dia tambah bergairah untuk menghasilkan buku2 selanjutnya
Pertanyaan 11

Saya, M Rasyid Nur dari Karimun
Pak Imron Rosidi yth:
Untuk saat ini, saat karakter anak jauh berbeda dengan zaman dulu. Buku apa yang sebaiknya kita tulis yang bisa jadi bahan bacaan siswa sekaligus bisa untuk naik pangkat?

Narasumber : Paragraf itu gabungan kalimat yg koheren atau padu. Ada 3 cara agar padu :
1. Mengulang kata yg sebelumnya disebutkan
2. Mengganti dg kata lain yg sama maknanya,
 3. Memberi konjungsi antarkalimat. Paragraf itu terdiri atas 3 sd 5 kalimat, bisa 1 kalimat utama dg 2 kalimat penjelas.
Paragraf bisa dimulai dr kalimat utama, yaitu kalimat yg perlu dijelaskan dan masih bersifat umum. Misal Pandemi Corona menyengsarakan banyak orang. Kalimat selanjutnya adalah penjelas dr kalimat tersebut. Jadi berakhir apabila dianggap penjelasnya sudah cukup. Usahakan maksimal 5 kalimat
Narasumber:Tidak ada. Yang penting kalau berISBN nilai 3 dan kalau tdk nilai 1.5
Narasumber: Saya menulis sebenarnya baru masuk menjadi mahasiswa jurusan bhs Ind dan mengikuti kegiatan HMP Himpunan mahasiswa penulis. Banyak menulis puisi dan cerpen serta artikel populer di majalah kampus
Narasumber: Sejak menjadi guru 1989, pd tahun 1990 baru ada 1 buku yg terbit. Itu karena motivasi muncul karena hinaan salah satu guru. Waktu itubdia bilang, mana ada guru D3 tukisannya diterbitkan. Alhamdulillah saat itu buku saya diterbitkan oleh penerbit YA3 malang dan mulai saat itulah gairah menulis muncul
Narasumber: Penulis itu harus mau mengorbankan waktu. Selain saya sekarang jadi kepala sekolah, saya juga mengajar di 2 pondok pesantren dan 1 perguruan tinggi dan masih sempat melatih pencak silat. Kapan menulis. Setiap malam dan setiap ada waktu luang. Harus ada waktu wajib, misal malam hari jam berapa sd berapa. Tanpa ada waktu wajib menulis, pasti sulit untuk menjadi penulis
: 1. Untuk bisa ke major, usahakan kita sdh terkenal dulu. Untuk mengetahuinya bagaimans? Buka google, ketik nama dan asal. Kalau ada berarti sdh terkenal. Untuk mengetahui visi misinya ya buka google. Atau yg paling gampang datang ke toko buku. Cari buku yg selaras degan buku yang anda tulis. Nah. Kirim ke sana. Jangan mengirim buku agama ke balai pustaka misalnya, ya korim.ke.mizan. kha gitu
Narasumber: 2. Lihat di buki 4. Kalau puisi lebih dr 20 nilai 2, kalai lebih dr 40 nilai 4. Kalau cerpen lebih dr 10 nilai 2 dan kalau lebih dr 20 nilai 4
Narasumber: Itu ada di ppt saya. Jadi meja saya hrus dipenuhi dulu dg buku2 yg sesuai dg buku yg akan saya tulis
narasumber: Saat ini saya akan menulis buku MEWUJUDKAN SEKOLAH PARA PENELITI
Saya penuhi meja saya dg buku2 penelitian dan buku2 ttg pengelolaan sekolah
narasumber: Seorang penulis hrs memiliki segudang buku
Narasumber: Coba diingat lagi. Waktu kita 24 jam loh. Kalau mau maju harus berani mengurangi kenikmatan..misal mengurangi waktu tidur. Saya juga sangat padat kegiatan dari minggu ke minggu. Tapi harus dilawan kejenuhan itu. Tetap semangat ya? Sukses selalu
Narasumber: Tidak. Menulis apa saja. Menulislah dari yg paling sederhana. Kalau om jay ya menulis yg dialami pd hari itu. Bisa juga seserhana dari bentuk, misalnya artikel populer. Jadi tidak harus dari puisi

Saya Pajarwati dari  Tangerang
Dalam kenaikan pangkat untuk gol  yg diatas IIIc mengharuskan memiliki karya berupa buku.
Bagaimana trik  menggairahkan diri untuk menulis buku, karena kenyataannya banyak kendala yg di hadapi.
Pertanyaan 16
Assalamu'alaikum pak. Saya Rosmalinda Aziz. Salam kenal dari Karimun Kepri pak. Saya mau nanya ni pak, di PPT yang bapak berikan saya membaca tentang pendalaman materi ada 3P yaitu Paper, parson dan place. Boleh dijelaskan pak maksudnya. Terimakasih
Narasumber: Menulislah dg jelek dan jangan takut salah. Semangat ibu. Mulailah dg 3 P. 1..person. banyak berdiskusi dg orang2 yg mengerti dg apa yg akan kita tulis, 2. Paper membeli buku2 yg sesuai dg yg akan kita tulis dan 3 place, mendatangi tempat yg akan kita tulis. Semangat ya bu. Bisa wa lagi nanti ke nomor saya
Pertanyaan 17
Assalamualaikum.. Saya ika siswati dari kota tangerang.. Maubertanya apa yang melatarbelakangi bapak menulis buku LKS?
Narasumber: 1. Bunga rampai apa? Kalau puisi ya minimal 20 puisi..kalau artikel populer 1 bisa asal diteebitkan
2. Puisi yg sdh diterbitkan ber ISBN minimal 20 puisi dan bisa lwbih dr 40 puisi. Baca buku 4
3. Yg diakui hanya 1 ijazah yg setingkat. S1 sejarah tdk dinilai
: Pertanyaan 18
Bagaimana cara menulis buku motivasi, dan   langkah langkah  apa saja yang harus dilakukan?
Tini andriani dari Bojonegoro
: Untuk buku hanya disyaratkan saat ke IV d. Yg di bawahnya tdk. Tetap bergairah dg melihat senangnya apabila buku kita terbit. Ayo nulis buku dan kirim ke saya
Narasumber: Sebelum menulis buku lakukan 3 P. 1 Person. Banyak berdiskusi dg orang2 atau para ahli ttg apa yg akan kita tulis. 2. Paper. Membeli atau mengumpulkan berbagai buku, majalah, jurnal dll yg sesuai dg materi yg alan kita tulis. 3. Place. Mendatangi tempat yg akan kita tulis. Kalau mau menulis ttg pesantren ya banyak dstang ke pesantren
Narrasumber: Saat itu tahu 1990 an banyal bermunculan LKS LKS tetapi hanya berupa pertanyaan dan titik2. Seperti hanya menyedialan kertas. Lalu saya pingin membuat LKS yg berbeda. Selain banyak flowchart, juga menuntut cara mengisinya, tdk sekadar titik2. LKS saya setiap terbit 25rb eks. Saya saat itu masih bujang. Dapat royalty 30jt. Saat itu. Bisa dibayangkan
Narasumber: Sama bu di dlm ppt. Bedanya kalau novel hrs dikerjakan secara berurutan. Kalau buku nonfiksi bisa tdk urut. Bisa mulai bab 3 atau bab 5 atau bab 1. Tergantung pd materi mana yg telah kita pahami dan literaturnya lengkap
: Pertanyaan 19
Selamat sore pak Imron.
Saya harus jujur karena ini pertama sekali saya ikut kelas Menulis buku, sebenarnya  dengan materi kemarin dari Ibu Farrah, saya menemukan kalau passion saya menulis buku anak-anak non fiksi.
Yang aya mau tanya sekaligus masukan, ataupun saran dari bp. Karena saya ini orangnya takut gagal pak.
1. Pertama kali bapak menulis buku, adakah review negatif dari pembaca?
2. Kalau ada, bagaimana perasaan bapa ketika menerima komentar- komentar negatif tersebut dan kiat apa yang bapak lakukan untuk terus menulis dari setiap kesàlahan- kesalahan yang ada.
Trimakasih.
Pertanyaan 27
Salam hormat Pak Imron.
Sewaktu saya mulai suka menulis, saya didorong untuk mengurus dupak agar bisa naik pangkat. Saya suka cari aturan tentang hal ini. Tapi, saya kurang suka mengurus dupak, mengapa? Maaf, seringkali birokrasi kurang ramah.
Tapi saya terus menulis. Saya punya buku yang sudah terbit 3 seri, judulnya Catatan Seorang guru Daerah terpencil 1, 2, dan 3.
Juga punya buku catatan perjalanan, yang sekarang sedang proses terbit.
Apakah buku Catatan Perjalanan dan menulis di Blog dapat menjadi unsur yang dapat dinilai untuk kenaikan pangkat?

Roni Bani - guru SD, di Timor
Narasumber  1. PTK itu salah satu jenis laporan penelitian. Itu disyaratkan sejak ke IV a dan ke atasnya
2. Boleh copian tp hrs legalisir KS. Bisa menghibungi kantor koran tsb. Pasti ada
: Pertanyaan 28

Assalamualaikum pak Imron saya Mukminin guru SMP I Kedungpring Lamongan Jam. Saya sudah IV b  sejak 7 tahun yg lalu. Belum mengajukan kenaikan pangkat. Untuk itu  saya lkut latihan.menulis bersama Om Jay.
Sy tanya kalau sy menerbitkan antologi puisi, membuat buku pantun  atau menerbitkan buku dapat angka kredit berapa. Mtr swn
Narasumber : Wah. Sdh hebat. Terus menulis. Jangan horaukan birokrasi. Yg bisa dinilai hanya buku dlm bentuk cetak, berISBN atau tdk
Narasumber: Nilai 4 kalau lebih dr 40 puisi asal sdh terbit dan berISBN. Baca buku 4
Pertanyaan 29

Susilawati, Kab Cirebon
Salah satu kelengkapan penerbitan buku adalah endorsement. mohon dijelaskan apa yang dimaksud endorsement tersebut..
: Pertanyaan 30

Assalamualaikum pak Dr. H. Imron Rosidi, S.Pd., M.Pd
Telah disebutkan Menulis itu  ada 4 syaratnya, yaitu mau, tekun, nekat, dan baca. Yang di maksud nekat ini contohnya bagaimana? Terima kasih. Unih-Subang.
[15:01, 5/7/2020] +62 812-1050-0199: Itu kata2 pujian dr penulis terkenal. Misal buku hebat dan hrs dipunyai semua guru. Promosi bu
Pertanyaan 31

Hasanuddin (MI Nurul Jannah NW Ampenan Kota Mataram NTB)


Bapak betul2 hebat n mmbrikan motivasi yg luar biasa kpd bpk/ibu guru.
Pertanyaannya: 1. Kumpulan puisi dan cerpen siapa yg kita ditulis? Apkh milik sndiri tao org lain?
2. Menulis buku2 umum dilombakan kapan saja dan trik2 bpk shgga bisa 2 kali juara nasional.
Narasmber: Kemarin saya jelaskan..kalau menulis itu tdk perlu takut salah. Kesalahan itu proses menuju benar. Jangan sampai krn kita belum prof, belum.doktor. hanya guru SD takut menulis. Saya pertama kali buku teebit saat D3. Meskipun awalnya ada yg mencibir. Semangat

Pertanyaan 32.
assalamualaikum
salam kenal ..sy gol 3d mau 4 a jml nilai sdh memenuhi
PTK...sy buat dan dinilai..tp kok blm bisa utk naik pangkat njih...mksh
Taufiq..Yogya
Narasumber: 1. Ya tentunya puisi kita sendiri
2. Mungkin saat ini pusbukkur masih memberhentikan lomba menulis buku. Tapi  PGRI maupun lembaga lain sering mengadakan lomba. Selalu buka kesharlindung atau google. Mungkin ada lomba menulis, tdk hrs menulis buku
Pertanyaan 33
Slmt Siang Bpk. Imron. Dari pnglman Bpk mnulis dmulai dari LKS smpai bnyak ktegori buku, bgmana mngktegorikan buku agama yg mbhas tentang doktrin secra umum dan doktrin khusus kpercyaan tertentu serta plajaran2 yg berkaitn dgn karakter. Lalu bgamana membdakannya dgn buku buku motivasi yg mungkin berkaitan atau semacamnya ? Trima Kasih. -Bernad.Toraja
: Pertanyaan 34.
Assalamualaikum
Ali Imron dari SMAN 1 Kedamean Gresik
Halo Pak Imron, kebetulan nama kita sama. Saya kalau nulis buku mata pelajaran, relatif mudah. Kalau nulis buku umum kok agak sulit. Padahal banyak ide yang ingin saya tulis.
Kemauan untuk menulis ada, tapi mood untuk nulis kadang muncul dan hilang.
Bagaimana strategi untuk bisa konsisten mau nulis?
: Pertanyaan 35

Assalamualaikum wr.wb
Nama: M.Chaerudin,S.PD
Asal: Parungpanjang Bogor
Pak sy ingin bertanya, baiknya sehari berapa tulisan/karya yg harus kita buat utk latihan

Narasumber: Bapak. Seperti yg disampaikan pak catur di webinar, menulis itu salah satunya tdk sampai menyakiti kelompok lain. Kita kalau menulis buku agama juga hrs hati2. Tetapi bisa saja dg memperhatikan beberapa penerbit yg memang menerbitkan jenis tulisan tsb
Narasumber: Buku motivasi bisa seperti kisah sukses seorang tokoh, bisa bentuk biografi atau otobiografi. Bisa juga dlm bentuk novel kalau fiksi
Narrasumber: Tulis dulu apa judulnya. Bisa saja nanti berubah. Cari berbagai literatur sesuai dg judul itu. Pelajari dan buatlah kerangka. Ini bisa bolak balik. Bisa kerangka dulu baru mengumpulkan literatur. Niat dengan menentukan waktu menulis. Lakukan dengan bertangung jawab masalah waktu menulis. Tekunlah untuk menyelesaikan. Pasti jadi
Pertanyaan 36

Assalamualaikum wrwb. pak imron yg hebat..
saya pernah down dalam menulis hampir 1 tahun ini. disebabkan artikel saya ditolak oleh tim penilai pusat dengan alasan penerbitnya tdk terapiliasi dengan pendidikan. padahal artikel saya yang sebelumnya Ndiakui dan mendapat nilai 2. kenaikan pangkat dari 4b ke4c. waktu itu kurang 1 poin di publikasi ilmiah.  kendala sy sekarg tdk mampu menyelsaikan artikel hasil penelitian sy.mohon solusi.
Fitran sari_mtaram ntb
Narasumber: Tdk ada ketentuan. Yg penting selalu menulis. Mulailah menulis dr bentuk yg paling sederhana




Komentar

Postingan populer dari blog ini

KAMPUNG TANGGUH

TATANAN HIDUP BARU

Semangat hari senin