MENULIS DIMEDIA CETAK DAN PTK
RESUME BELAJAR MENULIS GELOMBANG 10 PERTEMUAN KE 12
Tema pada hari ini rabu tanggal 13 Mei
2020 adalah “MENULIS DIMEDIA CETAK “
Peresume Tini Andriani Alamat Emailnya istinaandriani 784@gmail.com. Alamat blogger
http://tiniandriani.blogspot.com
Oleh narasumber Dra. Rahmi Wilandari,Mpd mulai pukul 13.00 wib
sampai dengan pukul 15.00 Wib.
Ibu rahmi adalah guru dari SMA Neger 21 Surabaya
. Belia pernah meraih penghargaan
1. Juara 3 LKTI Majalah Media (PGRI)
Tingkat Jawa Timur tahun 2013
2. Juara Lomba Guru Menginspirasi ( KTI
Literasi ) Tingkat Nasional 2018 untuk
jenjang SMA / MA / SMK diselenggarakan oleh Penerbit PT. Erlangga Jakarta
Karya yang sudah tercetak diantaranya adalah
1. Jurnal
Pendidikan Ekonomi UNESA Surabaya
“ Pembelajaran Kooperatif Tipe Thik Pair Share dengan Media 3D
Topiscape SE ( Student Edition ) untuk Meningkatkan Ketuntasan belajar Siswa (
2013) “
2. Pemanfaatan
Media Pembelajaran Audio dan Multimedia ( 2013 )
3. My
Literacy for My Future ( Literasiku, Masa Depanku) ( 2017 )
4. Penerapan
Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dengan menggunakan Media Kartu Remi (
Playing Cards ) untuk meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa pada Materi
Permintaan dan Penawaran ( 2018 )
5. Wajib
dan perlukah Pendidikan Kewirausahaan di SMA ( Artikel Ilmiah ) ( 2019)
6. Membangun
Karakter Generasi Milenial menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 ( 2019 )
Menurut
beliau menulis adalah menyenangkan dan
jika ingin meraih kesuksesan dibutuhkan kerja keras. Belia selalu menghabiskan
waktu istirahat berada diperpustakaan dengan membaca untuk mencari inspirasi
dalam menulis buku. Untuk membuat tulisan KTI atau artikel dibutuhkan
wawasan utk rajin membaca baik buku cetakan atau e book.
Dalam penelitian ada tiga jenis , penelitian
deskriptif, penelitian eksperimen ( Penelitian murni ), penelitian Tindakan
Kelas ( PTK )
Bagi guru PTK harus sudah bisa dilaksanakan
karena sangat mudah diambil dari kejadian sehari hari.
Dibawah ini adalah contoh format Laporan PTK
·
Halaman Judul
·
Halaman Pengesahan
·
Abstrak
(Bahasa Indonesia + Bahasa Inggris, maksimum masing-masing 150-250 kata
(Bahasa Indonesia + Bahasa Inggris, maksimum masing-masing 150-250 kata
·
Katapengantar
·
Daftar Isi
·
Daftar Tabel
·
Daftar Grafik
·
Daftar Gambar
·
Daftar lampiran
Selanjutnya adalah masuk kedalam bab
BAB I PENDAHULUAN
A. Masalah dan latar belakang masalah Uraikan secara lugas masalah yang ingin ditanggulangi, penyebab timbulnya masalah tersebut, dan tingkat masalah yang ingin ditanggulangi oleh peneliti.
B. Rumusan masalahUraikan secara singkat bentuk tindakan yang akan diambil (misal: mengapa berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi/ TIK?), argumentasi teoretik dan/atau empirik pemilihan tindakan, dan rumuskan hipotesis tindakan sebagai landasan tindakan yang digunakan (bila dipandang memungkinkan).
C. Tujuan penelitianUraikan hasil penelitian yang diharapkan (anticipated results) dari penelitian ini.
D. Ruang Lingkup PenelitianSebutkan lingkup atau batas- batas tindakan yang akan diambil peneliti.
E. Manfaat penelitianUraikan secara jelas manfaat hasil penelitian bagi sekolah (misalnya: pengembangan kurikulum, kebijakan, guru, maupun siswa, dsb.)
Selanjutnya adalah masuk kedalam bab
BAB I PENDAHULUAN
A. Masalah dan latar belakang masalah Uraikan secara lugas masalah yang ingin ditanggulangi, penyebab timbulnya masalah tersebut, dan tingkat masalah yang ingin ditanggulangi oleh peneliti.
B. Rumusan masalahUraikan secara singkat bentuk tindakan yang akan diambil (misal: mengapa berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi/ TIK?), argumentasi teoretik dan/atau empirik pemilihan tindakan, dan rumuskan hipotesis tindakan sebagai landasan tindakan yang digunakan (bila dipandang memungkinkan).
C. Tujuan penelitianUraikan hasil penelitian yang diharapkan (anticipated results) dari penelitian ini.
D. Ruang Lingkup PenelitianSebutkan lingkup atau batas- batas tindakan yang akan diambil peneliti.
E. Manfaat penelitianUraikan secara jelas manfaat hasil penelitian bagi sekolah (misalnya: pengembangan kurikulum, kebijakan, guru, maupun siswa, dsb.)
BAB II : PEMBAHASAN, KERANGKA PIKIR DAN
HIPOTESIS
A. Pembahasan
uraikan dengan seksama dan deskriktif variabel penelitian anda (Uraikan variabel X dan Y)
B. Kerangka pikir : adalah sintaks dari hasil analisa variabel penelitian yang berbentuk skema yang menghasilkan sebuah pernyataan
C. Hipotesis : berisi dugaan sementara calon peneliti terkait variabel penelitian yang biasanya ditandai dengan kalimat :jika... maka...
uraikan dengan seksama dan deskriktif variabel penelitian anda (Uraikan variabel X dan Y)
B. Kerangka pikir : adalah sintaks dari hasil analisa variabel penelitian yang berbentuk skema yang menghasilkan sebuah pernyataan
C. Hipotesis : berisi dugaan sementara calon peneliti terkait variabel penelitian yang biasanya ditandai dengan kalimat :jika... maka...
BAB
III : PROSEDUR PENELITIAN TINDAKAN KELAS
A. Setting PenelitianSebutkan
lokasi penelitian, waktu penyelenggaraan penelitian (misal: Semester I, II, bulan, tahun, dst.), dan
karakteristik kelompok sasaran yang menjadi subjek penelitian, serta bentuk
aktivitas penggunaan ICT dalam pembelajaran.
B. Prosedur Penelitian1.
Gambaran Umum Penelitian
Uraikan gambaran umum penelitian yang dilakukan termasuk jumlah dan prosedur siklus penelitian yang dilakukan.
Uraikan gambaran umum penelitian yang dilakukan termasuk jumlah dan prosedur siklus penelitian yang dilakukan.
C. Rincian Prosedur Penelitian
a. Persiapan Tindakan
Sebutkan persiapan apa saja yang dilakukan (seperti analisis diagnostik untuk
a. Persiapan Tindakan
Sebutkan persiapan apa saja yang dilakukan (seperti analisis diagnostik untuk
menspesifikasi
masalah dan rincian penyebab timbulnya masalah), pembuatan alat-alat
berbasis TIK dalam rangka tindakan, dan lain-lain yang terkait dengan
pelaksanaan tindakan di kelas
b. Implementasi Tindakan
Deskripsikan tindakan yang akan diambil, skenario kerja tindakan, dan prosedur tidakan yang digunakan peneliti
Deskripsikan tindakan yang akan diambil, skenario kerja tindakan, dan prosedur tidakan yang digunakan peneliti
c. Pemantauan dan Evaluasi
Uraikan Prosedur pemantauan dan evaluasi tindakan, alat- alat pemantauan dan evaluasi yang digunakan, beserta kriteria keberhasilan tindakannya
Uraikan Prosedur pemantauan dan evaluasi tindakan, alat- alat pemantauan dan evaluasi yang digunakan, beserta kriteria keberhasilan tindakannya
d. Analisis dan Refleksi
Uraikan prosedur analisis hasil pemantauan dan refleksi terhadap tindakan yang telah diambil, tim yang terlibat dalam analisis hasil pemantauan dan refleksi, kriteria dan rencana bagi tindakan daur ulang.
Uraikan prosedur analisis hasil pemantauan dan refleksi terhadap tindakan yang telah diambil, tim yang terlibat dalam analisis hasil pemantauan dan refleksi, kriteria dan rencana bagi tindakan daur ulang.
BAB
IV: HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Sajikan hasil penelitian atau temuan setelah
tindakan dilaksanakan dan penyajian temuan harus sesuai dengan masalah yang
telah dirumuskan, dan dilakukan pembahasan secara lengkap tentang temuan atau
hasil PTK tersebut. Pembahasan hendaknya memberikan penjelasan tentang
kegagalan maupun keberhasilan penerapan TIK dalam pembelajaran, tentu bila
salah satu atau keduanya ada, suatu tindakan
BAB
V : SIMPULAN DAN SARAN
A. SimpulanSimpulkan hasil
penelitian yang diperoleh secara lengkap, sesuai dengan masalah yang diteliti
B. Saran- saranAjukan saran- saran untuk penerapan hasil penelitian dan kemungkinan penelitian lebih lanjut dimasa mendatang.
B. Saran- saranAjukan saran- saran untuk penerapan hasil penelitian dan kemungkinan penelitian lebih lanjut dimasa mendatang.
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Silabus
2. Materi Ajar
3. RPP
4. Media Pembelajaran
5. Nilai dan daftar hadir siklus 1-3
6. Lembar
Pengamatan Aktivitas Guru
7. Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa
8. Foto kegiatan Penelitian
9.
Lampiran lain-lain ( Undangan Seminar, Panitia Seminar, Notulen Seminar, Surat
Pernyataan Keoriginal Penelitian , Surat Keterangan Waktu Penelitian ,
Penyerahan PTK ke Perputakaan Sekolah)
CONTOH
ABSTRAK
Wilandari,
Rahmi. 2018. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a
match( Mencari Pasangan)dengan Media Kartu
Remi untuk meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa Materi Permintaan dan
Penawaran
Di Kelas X IIS 1 SMAN 21 Surabaya
• .
Penelitian ini dilakukan dengan
tujuan menerapkan pembelajaran
Kooperatif Tipe Make
a Match ( Mencari Pasangan ) dengan Media Kartu Model Remi untuk meningkatkan Ketuntasan belajar Siswa
kelas X IIS1 di SMAN 21 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari 3 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X IIS1 SMA Negeri 21 Surabaya.Tehnik Analisa data
untuk validitas soal menggunakan rumus korelasi Product Moment Pearson
Kesimpulan dari hasil penelitian
bahwa : (1) Rata-rata hasil Belajar siklus pertama 76,49 pada siklus kedua rata-rata hasil
belajar : 78,92 dan pada siklus ketiga rata-rata hasil belajar : 84,32 , (2) Pada siklus pertama siswa yang
dinyatakan tuntas sebesar 64,86 %, sedangkan untuk siklus kedua siswa yang
dinyatakan tuntas sebesar 75,68 % untuk siklus ketiga yang tuntas 89,19 %. (3) adanya respon positif dari siswa terhadap
penerapan Kartu Model Remi sebagai media pembelajaran. Berdasarkan angket
respon siswa sebagian besar siswa setuju dan sangat setuju dengan penerapan
pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan Kartu Model Remi. Hal ini
dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Kooperatif tipe Make a
Match dengan Media Kartu Remi dapat meningkatkan ketuntasan Belajar Siswa
di SMAN 21 Surabaya
Kata kunci : Kooperatif Make a Match
, Ketuntasan Belajar Siswa, Media Kartu Model Remi
Wilandari, Rahmi. 2018. Application of Cooperative Learning Type Make a
match (Looking for Couples) with Playing Card Media to enhance Student Learning
Completeness Request and Supply Materials
In Class X IIS 1 of SMAN 21 Surabaya
This research was conducted with
the aim of applying Cooperative Learning Type Make a Match (Looking for
Couples) with the Media Rummy Model Card to improve the mastery learning of
Grade X IIS1 students at SMAN 21 Surabaya. This type of research is a classroom
action research (CAR), which consists of 3 cycles. The research subjects were
students of class X IIS1 of SMA Negeri 21 Surabaya. Data Analysis Techniques
for the validity of the questions using the Pearson Product Moment Correlation
Formula
Conclusions from the results of
the study that: (1) The average learning outcomes of the first cycle 76.49 in
the second cycle the average learning outcomes: 78.92 and in the third cycle
the average learning outcomes: 84.32, (2) In the cycle first students who
declared complete by 64.86%, while for the second cycle students who were
declared complete by 75.68% for the third cycle who completed 89.19%. (3) there
is a positive response from students towards the application of the Rummy Model
Card as a learning medium. Based on student response questionnaires, most
students agreed and strongly agreed with the application of Make a Match type cooperative
learning with Rummy Model Cards. It can be concluded that the Cooperative
Learning type Make a Match with Rummy Card Media can improve the completeness
of Student Learning in SMAN 21 Surabaya
Keywords: Cooperative Make a Match, Student Learning Completeness, Media
Rummy Model Cards
Sedangkan untuk penulisan artikel ilmiah
hal – hal yang perlu diperhatikan adalah
Untuk Penulisan Artikel Ilmiah yang sedang ( 1500 -2000 kata ) kita bisa
menuliskan dalam beberapa Paragraf
-
Paragraf
1 ( berisi Pengantar dan Permasalahan )
-
Paragraf
2-10 ( Pembahasan dan Cara /
Altenatif Pemecahan / Solusi )
-
Paragraf ke 11 ( Kesimpulan )
-
Kertas ukuran A4 3- 4 halaman dengan spasi
1,5
-
Jika untuk Lomba tergantung permintaan
panitia
Untuk artikel Ilmiah pendek 500 -1000 kata
sdh bisa menjadi artikel Ilmiah ( Jawa
Pos )
Komentar
Posting Komentar