Ingin jadi Youtuber sukses belajar dari paman Apiq
RESUME MATERI DARI BLOGGER MENJADI YOUTUBER
HARI KAMIS TANGGAL 21 MEI 2020
PERESUME TINI ANDRIANI
Blogger tiniandriani.blogspot.com
tinamenulis.wordpress.com
Paman Apiq sudah memulai jadi blogger dengan wordpress gratisan
sejak 2008 dg alamat APIQQUANTUM.COM diawali jadi blogger wordpress gratisan sejak 2008
dan pada tahun 2012 makin aktif
sebagi youtuber dengan beberapa cane diantaranya:l
1. youtube.com/pamanapiq
2. youtube.com/edujiwa
3. apiQQuantum.com
Semua membahas tentang pendidikan dan
khususnya matematika kreatif dengan metode APIQ.
Bisa buka link https://socialblade.com/youtube/user/pamanapiq
Baginya menjadi
youtuber lebih menggoda karena penghasilan dolar otomatis masuk rekening.
Taksiran penghasilan 1
canel saya di atas sekitar 100 sd 2000 dolar per bulan. Fantastis bukan?
Berbagi ilmu matematika
sambil dapat bonus dolar ada beberapa tips yang membuatnya sukses yaitu :
1. Gunakan program gratis.
Misalnya saya pakai wordpress dan youtube
2. Kembangkan konten
sesuai minat dan keahlian kita. Misalnya saya guru dan penulis matematika.
3. Pelajari statistik
untuk improvement. Baik wordpress atau youtube menyediakan statistik yg
berlimpah. Maka konten bisa terus mengalir.
Berikut ini info
lengkap tentang paman apiq
AGUS NGGERMANTO :
Kenalkan Belajar Matematika Yang Asyik & Kreatif Melalui Paman APiQ.
Di balik sosoknya yang
rendah hati, lulusan Teknik Elektro ITB ini memiliki kemampuan matematika yang
ingin ia bagikan ke semua orang. Ia membuka kursus matematika bernama APiQ
(Aritmatika Plus Inteligensi Quantum). Ia kemudian memilih kanal Youtube untuk menyebarkan
virus cinta matematika. Dan sejak membuka Youtube Channelnya di tahun 2008,
jutaan penonton telah menikmati pelajaran matematika yang mudah dan
menyenangkan.
Agus Nggermanto, kini
akrab dipanggil Paman APiQ oleh siswa-siwa yang belajar matematika dengan
metode APiQ. Sebelum muncul karakter Paman APiQ, para siswa itu memanggilnya
dengan istilah beragam, Pak Agus, Mas Agus, Kak Agus, Om Agus, Pak Angger, Mas
Angger, dan lain-lain. Karakter Paman APiQ muncul seirama dengan hadirnya 3
karakter anak kandung matematika, yaitu Al, Geo, dan Meti. Masing-masing
karakter anak lucu ini mewakili cabang matematika Aljabar, Geometri, dan
Aritmetika.
Istilah APiQ sendiri ia
munculkan sekitar tahun 2000-an, tetapi konsepnya sudah sejak tahun 1990-an
ketika Agus masih SMA di Tulungagung dan dilanjutkan kuliah di ITB. Konsep
dasar APiQ adalah menampilkan matematika dengan cara yang mudah masuk akal bagi
anak. Dengan begitu, anak-anak menjadi memahami konsep matematika dan
menjadikan anak-anak lebih berprestasi. Metode APiQ sejak awal sudah dapat
diaplikasikan dengan memberikan hasil anak-anak yang lebih senang belajar
matematika dan berprestasi. Hanya saja struktur yang rapi mulai disusun di
tahun 2000-an dan menjadi lebih sistemis lagi tahun 2008. Sampai sekarang APiQ
masih terus melakukan inovasi-inovasi tiada henti untuk membantu pura-putri
Tanah Air untuk lebih mudah belajar matematika.
Agus sudah menjadi guru
sejak sekolah menengah dengan mengajar di kelompok-kelompok belajar siswa SMA
yang merupakan teman-teman sendiri. Ketika kuliah di ITB, Agus juga sambil
mengajar di lembaga bimbingan belajar untuk tingkat SMA, SMP, dan SD, serta
menjadi asisten dosen di kampus ITB sendiri. Selanjutnya, ia mengajar di
sekolah formal tingkat SMA dan perguruan tinggi. Kesulitan yang sering ia
temukan kala itu adalah banyak siswa yang tidak menguasai konsep matematika
bahkan dengan konsep yang paling sederhana sekalipun. Maka ia pun terus
berinovasi untuk menemukan cara-cara belajar matematika yang lebih memudahkan
siswa menguasai matematika. Dari sanalah benih APiQ terus berkembang maju.
Setelah menemukan
metode APiQ, Agus lalu memulai membuka kursus APiQ dengan modal sendiri dan
bekerja sama dengan beberapa rekan. Kelas kursus APiQ berawal dari kota
Bandung, kemudian menyebar ke Jakarta dan tempat-tempat lain di Indonesia.
Keunggulan utama APiQ adalah menjadikan siswa senang belajar matematika dengan
cara mudah dan cepat. Banyak anak yang awalnya takut dengan matematika menjadi
senang dengan metode APiQ. Banyak juga anak yang berhasil meraih nilai
matematika 100 setelah ikut APiQ. Bahkan nilai 100 ini juga berimbas ke
pelajaran lain semisal IPA dan Bahasa.
Di APiQ Agus juga
mengembangkan game matematika orisinal, yaitu game matematika yang dimainkan
oleh anak-anak dan menjadikan anak-anak jadi pintar matematika. Game orisinal
ini bukanlah selingan seperti game pada umumnya. Hanya dengan memainkan game
orisinal ini maka seorang anak bisa menjadi jago matematika. Siswa-siswa pun
juga menyukai jurus 7 detik APiQ. Dengan jurus 7 Detik Matematika Cepat para
siswa dapat menyelesaikan soal matematika yang rumit kurang dari 7 detik. Tentu
ini akan menjadi sangat mengagumkan bagi para siswa. Dan pada gilirannya rasa
percaya diri siswa juga menjadi semakin kuat.
Agus mengaku, sejak
kecil ia sudah menyukai matematika. Tetapi matematika sering menjadi korban
fitnah, dianggap sebagai mata pelajaran paling sulit dan menakutkan. Dan
menurut Agus, kesan menakutkan pada matematika itu bisa hilang bila siswa atau
orangtua dapat langsung mengalami asyiknya belajar matematika seperti di APiQ.
Bahkan kini, banyak orang dewasa yang mengatakan, mengapa mereka tidak mengenal
APiQ dari dulu. Jadi, sambung Agus, kita tidak bisa menghapus firnah matematika
menakutkan hanya dengan kata-kata manis saja. Tapi perlu memberikan bukti
pengalaman nyata. Dan itulah yang ia kerjakan di APiQ. Kini, banyak anak-anak
dan orang dewasa yang sudah mencicipi asyiknya matematika yang akhirnya membuat
mereka ketagihan. Di APiQ, rumus-rumus tidak harus dihafalkan dengan sulit.
Siswa di APiQ justru sering dengan gembira berhasil menemukan rumus sendiri
yang bagi mereka lebih mudah menghafalnya. Tetapi yang lebih penting adalah
siswa-siswa itu bisa mengikuti proses belajar matematika dengan pemahaman penuh
gairah di APiQ.
Menurut Agus, memang
banyak yang salah dengan pengajaran matematika saat ini, sehingga menempel
fitnah matematika itu menakutkan. Tetapi kita tidak cukup menyalahkan pihak
lain. Namun perlu berpartisipasi dari titik berangkat masing-masing. Misalnya
dengan mengeluarkan metode APiQ, ia bisa berpartisipasi dengan mengenalkan cara
belajar matematika yang asyik dan kreatif untuk tingkat SD, SMP, SMA, dan pra
sekolah. Paman APiQ juga menyelanggarakan pelatihan seminar matematika kreatif
untuk para guru dan orang dewasa. Pemerintah pun, dirasa Agus, juga perlu
menyempurnakan kurikulum yang lebih tepat untuk generasi Indonesia. Para pelaku
pendidikan juga perlu terus berkreasi untuk memperbaiki pendidikan matematika
di Indonesia. Dan Agus mengatakan, APiQ siap berkolaborasi dengan berbagai
pihak untuk memajukan Indonesia.
Kini Agus memilih media
Youtube untuk memberikan edukasi, karena ia menganggap media Youtube merupakan
media belajar matematika yang efektif dan efisien. Siswa menjadi mudah memahami
konsep matematika kreatif APiQ melalui video multimedia Paman APiQ atau
www.youtube.com/agusyes. Hal ini karena video multimedia dilengkapi dengan
gambar, tulisan, suara dan gerakan atau animasi. Siswa juga dapat melakukan
interaksi tanya jawab bersama Paman APiQ. Video pertama Agus unggah sekitar
tahun 2008. Waktu itu masih sepi pengunjung. Tapi sekarang sudah ramai.
Tanggapan pertama saat video dirilis masih biasa-biasa saja. Mungkin, menurut
Agus, di tahun 2008 itu akses internet di Indonesia belum mudah. Tetapi
sekarang tanggapan video APiQ oleh masyarakat sangat bagus. Trik khususnya
adalah, Agus menampilkan video yang memang dibutuhkan masyarakat dengan
tampilan konten yang menarik dan mudah dimengerti. Saat ini yang paling banyak
ditonton adalah tentang cara cepat berhitung pembagian, trik perkalian cepat,
dan berhitung cepat FPB KPK APiQ.
Agus pun senang dengan
tanggapan masyarakat. Ini menunjukkan bahwa internet dapat dimanfaatkan untuk
kepentingan positif semisal belajar matematika bersama Paman APiQ. Masyarakat
juga bisa langsung berkonsultasi melalui media Youtube Paman APiQ dengan
menuliskan komentar di bawahnya. Dan bagi yang ingin lebih mendalam konsultasi
dapat bergabung dengan komunitas APiQ di www.APiQQuantum.com dan melalui media
sosial seperti www.facebook/paman.APiQ, Line, Twitter, WhatsApp, dan lain-lain.
Paman APiQ pun sudah
berhasil meraih beberapa prestasi. Antara lain mendapat kehormatan dengan
diundang oleh Youtube Indonesia (Google Indonesia) untuk menjadi narasumber di seminar
pendidikan nasional melalui Youtube. Paman APiQ sendiri dinilai oleh Youtube
Indonesia sebagai saluran pendidikan Indonesia yang prospektif. Demikian juga
wordpress.com memberikan beberapa penghargaan kepada APiQ. Sementara secara
bisnis, franchise APiQ memenangkan seleksi wirausaha franchise untuk masuk
kategori waralaba nasional. Sedangka siswa APiQ sendiri banyak yang berprestasi
di sekolah sampai tingkat Kecamatan, Kota/Kabupaten, Provinsi, Nasional, dan
bahkan internasional dalam ajang kompetisi Olimpiade Matematika.
Sampai saat ini, Agus
masih fokus pada usaha kursus matematika kreatif APiQ yang ia dukung dengan
inovasi pada teknologi multimedia. APiQ telah mengembangkan sistem belajar
matematika online melalui www.APiQQuantum.com. APiQ juga menawarkan beragam
aplikasi di Android baik berupa game matematika atau buku-buku matematika
dengan cara belajar yang asyik dan kreatif. Dan sekarang APiQ juga
mengembangkan sistem franchise atau waralaba, yang merupakan sistem usaha
paling efektif saat ini. Adapun, kendala yang masih Agus hadapi adalah karena
usaha pendidikan sebagaimana usaha umumnya memerlukan disiplin dan konsistensi
tingkat tinggi. Namun kendala ini dapat diatasi dengan memperkuat konsistensi
tim dan berpartisipasi aktif dengan pelatihan-pelatihan yang disediakan oleh
APiQ Pusat. Selain tetap fokus pada APiQ, Agus juga memiliki kesibukan tambahan
sebagai narasumber di berbagai seminar serta menulis. Agus juga memiliki hobi
bulutangkis dan renang, dan ia selalu berusaha menyediakan waktu khusus untuk
hobi olahraga tersebut rutin setiap pekannya.
Agus berpendapat, kita
memang perlu konsisten untuk membangun negeri tercinta ini sesuai kapasitas
masing-masing. Dan barangkali, ia memang sengaja memilih jalur pendidikan
matematika untuk berkontribusi memajukan negeri. Memang berat rasanya, tapi
sepanjang proses itu disyukuri, maka rasa berat itu menjadi lebih ringan. Dan
Agus beruntung memiliki keluarga yang mendukung perjuangannya untuk
berkontribusi melalui pendidikan matematika. Pun secara finansial, ia juga
masih dapat menyesuaikan berbagai macam hal kebutuhan untuk keluarganya,
meskipun bila orang membandingkan dengan kerja di perusahaan besar, tentu akan
berbeda nilainya. Agus adalah lulusan dari perguruan tinggi terbaik di
Indonesia, yaitu ITB. Dan ia juga lulus dari salah satu jurusan terbaik yaitu
Teknik Elektro ITB. Maka sebetulnya ia sangat berpeluang untuk bekerja di
perusahaan besar nasional atau internasional. Tetapi ia lebih memilih mengabdi
melalui dunia pendidikan untuk negeri tercinta ini. Sampai saat ini, Agus dan
keluarganya masih tetap hidup sederhana. Bahkan bila seandainya ada fasilias
berlimpah pun Agus tetap ingin mengajari keluarganya untuk hidup sederhana,
lebih banyak membantu sesama, dan memilih hidup yang penuh makna. Dan Agus juga
sangat bersyukur mendapatkan tanggapan yang positif dari keluarga besarnya.
paman Apq
menuturkan tentang rahasia menjadi
youtuber terkenal zaman now yaitu dengan
upload tiap hari , istiqomah menjadi lebih penting. Buatlah rencana yang
maraton, produksi video mudah dan berkualitas` dengan tipe-tipe ada tiga tipe HUB, HELP, HERO. Terakhir
adalah konsisten improvement.
Apakah yang dimaksud
dengan tipe HUB,HELP DAN HERO
HUB
adalah video ringang yang salin berhubungan. Dalam video ini viewer youtube
tidak menuntut kualitas yang tinggi untuk jenis konten ini. anda dapat
memproduksi tiap hari atau sekedarnya
saja
Pemirsa lebih fokus
pada isi video hub setiap hari dan tidak perlu editing sama sekali
HELP
adalah Video ringan yang membantu viewer
untuk memecahkan masalah tertentu. Sekali lagi video ini bisa kita produksi
tiap hari tanpa editing. Viewer tidak memperhatikan kualitas video tetapi lebih
ke konten yang membantu memcahkan masalahnya.
Secbagai contoh video
matematika berhitung cepat. Sedangkan untuk video hub saya bisa membuat
perkalian bertahap bersama paman Apiq. Dari seri 1 yang mwmbahas
dasar-dasar sampai 20 seri perrkalian .
HERO.
Hero adalah andalan kita . hero kita rencanankan
berbulan bulan , pengambilan gambar ratusan kali , editing berhari hari dan menelan biaya yang tidak ringan. Bisa kita
produksi satu kali dalam satu tahun .
Silakan sambil dibaca2
bila ada pertanyaan bisa sambil diskusi tanya jawab.
yang menjadi landasan utama bapak membuat
Apiq,
Dan
yang paling menarik itu trik 7 detik
Ya,
menarik dan asyik
Pamam
Apiq boleh cerita kegiatan saat ini apa saja ?
Jawab : Saat ini PSBB maka fokus bikin konten aja😅
Yangg
saya tanyakan bgmna mbuat chanel youtube..maaf krn saya bru pemula..baru buka
blog jg stlh ikut group mnulis ini pak..apalagi mmbuat chanel you tube..saya
blm pernah..mohon pnjelasannya terimakasih..
Simak youtube
dibawah ini https://www.youtube.com/watch?v=wKrlJm3sRM0&list=PLc
z6MrU25lf27UPkSVKpt4KiK1M_K1-sI
Misal
ini saya eksperimen ngajar matematika tanpa kata sama sekali
udah untuk saat ini
Buka apk youtube.
1. Klik kanan atas gambar kamera
2. Coba upload 1 video
3. Ikuti petunjuknya
Maka sdh jadi canelnya
Buka di hp
ya, agar lebih mudah
Selamat
siang,terimakasih paman Apiq yg hebat,dalm vidio 7 detik perkalian cepat,ada
perkalian yg langsung dimulai dari ratusan,sedangkan penanaman konsep selama
ini mulai dari satuan,bagaimana untuk di kelas rendah,apa bisa kita jelaskan yg
seperti itu,mohon pencerahannya?
Jawab Sebagai youtuber maka kita bisa membuat semua
konten tersebut hanya pakai hp saja.
Ada yg langsung perkalian ratusan.
Ada pula mulai dari konsep paling dasar.
Saat ini saya punya sekita 7000 judul video di
youtube.
Beberapa contoh sebagai berikut :
Luar
biasa Om Apiq. Saya sependapat menjawab fitnah dengan langkah nyata. Ini luar
biasa. Perlu waktu berapa lama riset atau apa lah yg bs menjawab fitnah matematika?
Apakah kendala utama?
Jawab Jaman dulu perlu riset panjang. Tapi sekarang
lebih mudah.
Riset bisa pakai google dan youtube sendiri.
Lalu konten kita improve lagi sambil jalan.
Yg penting sekarang praktek dulu lalu perbaiki.
Lama2 akan makin sempurna
Trik terakhir: konsisten improvement kita bahas di
bagian tulisan ini.
Temukan cara meningkatkan kualitas video dengan
persiapan dan editing.
Temukan cara meningkatkan kualitas konten video.
Temukan cara memproduksi video dengan efisien, hemat
waktu, biaya, dan energi.
Temukan irama yang konsisten untuk meproduksi konten
positif.
Gali lebih dalam analytic Anda dan perhatikan
trending serta analytic canel lain.
Buat video lagi sesuai analytic.
Fokuskan ke dampak positif kepada masyarakat luas.
Agar banyak nonton maka riset kata kunci di youtube juga
bisa.
Misal ketik "matematika" maka yg muncuk
konten apa aja. Kita buat konten yg sesuai tsb.
Misal
ini, karena banyak yg cari kata kunci jarimatika maka sy buatkan video
jarimatika.
Ditonton
sebanyak 1,9 jt kali.
Misal ini, karena banyak yg cari kata kunci
jarimatika maka sy buatkan video jarimatika.
Ditonton sebanyak 1,9 jt kali.
Jawab Triknya
bikin konten yg menarik yang sedang dicari banyak orang.
Misal sekarang orang pingin tahu kapan tanggal idul
fitri?
Hisab hitungannya gmn?
Maka saya buatkan video hitungan idul fitri ini.
Dalam 1 hari ditonton 19 000 kali.
Siapkan :Banyak apk gratis.
1. Polaris u papan digital
2. Mobizen u rekam layar dan suara
Cukup 2 di atas.
Bila perlu tambahan,
3. Canva desain gambar
4. Inshot edit video
Semua cukup pakai hp aja ya
Apakah setiap tampilan di canel YouTube Selalu mendapatkan uang? Bagaimana caranya
ada batasan atau syarat untuk sampai dapat penghasilan dari YouTube bgt?
Terimakasih
Harus memenuhi syarat untuk jadi youtube partner
1. Subs minimal 1000
2. Minimal 4000 jam tayang dalam 1 tahun terakhir
Maka bisa monetise dan dapat uang
Saya
cari monetise gambar dolar kok ga ketemu, bagaimana memunculkannya
Jawab Akan muncul jika sdh memenuhi syarat di atas
Mr.
Bams yg ingin sy tanyakan bagaimana cara membuat konten kreatif di youtube sehingga ribuan org bisa like video kita.
Siap
1. Bikin sj konten apa aja
2. Perbaiki dg konten lebih baru
3. Pelajari statistik analytic yg disediakan youtube
4. Bikin konten lagi yg lebih baik
5. Ulangi lag
Saya akan menambah dengan beberapa contoh pengalaman
pribadi sebagai youtuber.
Saya akan menambah dengan beberapa contoh pengalaman
pribadi sebagai youtuber.
Cara meningkatkan kualitas video adalah dengan
editing. Banyak youtuber pemula mengira bahwa edit video adalah hal paling
penting. Sebenarnya tidak. Kita hanya perlu mengedit video sampai cukup bagus.
Tidak perlu maksimal. Cukup optimal.
Dulu saya edit video pakai camtasia, di komputer.
Lalu lebih mudah pakai inshoot di hp. Bahkan lebih praktis hanya pakai mobizen
editor saja. Hanya memotong dan menggabungkan video saja. Caranya, setelah buat
video dengan mobizen lalu buka video dengan mobizen. Ada pilihan edit – gambar
mirip pena. Klik maka kita dengan mudah bisa editing.
Makin mahir seorang youtuber maka ia akan efisien
dalam editing. Bahkan saya sendiri berusaha untuk menghindari edit video.
Caranya?
Tingkatkan kualitas video dengan persiapan lebih
matang. Dengan rapinya semua bahan maka kita bisa langsung bikin video lalu
tanpa edit sudah bisa kita upload ke youtube. Video ini sudah bagus dan
optimal.
Lupakan editing. Matangkan persiapan.
Persiapan saya yang paling penting adalah desain
power point. Bila perlu lengkapi dengan transisi dan animasi ppt. Lalu buka
dengan polaris. Rekam dengan mobizen. Upload ke youtube. Sukses!
Meningkatkan kualitas konten video lebih penting
dari editing video. Caranya coba perhatikan komen dan respon dari video Anda
yang paling berhasil. Lalu buat video lagi yang lebih baik dari itu.
Saya mengamati untuk konten matematika para penonton
lebih suka cara-cara yang mudah – bukan cara yang hebat dan sulit. Maka saya
buat video dengan konten matematika cara mudah. Sukses.
Penonton ingin berkomentar tapi bingung. Maka bagian
akhir dari video saya isi dengan pertanyaan ringan yang berhubungan dengan
materi. Maka penonton terpancing menjawab soal mudah itu sekaligus menulis komen.
Cara murah dan efisien memproduksi video adalah:
siapkan desain ppt, buka dengan polaris, rekam dengan mobizen. Itu cara saya.
Anda mungkin perlu cara yang berbeda. Maka temukan.
Untuk memproduksi satu video durasi 5 menit maka
saya perlu persiapan di ppt atau polaris 15 menit, lalu merekam 5 menit, dan
upload ke youtube 5 menit juga. Dalam satu hari saya biasanya memproduksi 3 – 5
video untuk youtube.
Irama produksi video menjadikan youtuber bahagia.
Keuntungan jadi youtuber adalah kita bisa berkarya sekaligus bahagia. Bila Anda
jadi youtuber lalu stress karena kejar tayang itu rugi besar. Jadilah youtuber
sekaligus bersenang-senang. Rahasianya temukan irama produksi video khas Anda
sendiri.
Irama produksi menunjukkan keragaman dalam
memproduksi video di saat yang sama konsisten juga. Misalnya saya rata-rata
memproduksi video 3 – 5 judul tiap hari. Bila hari libur saya kadang libur
kadang produksi, suka-suka saja. Bila sedang sibuk dengan suatu kerjaan lain
maka saya cukup produksi 1 video saja atau tidak sama sekali di hari itu. Semua
itu pilihan bagi saya. Bisa saya kerjakan bisa saya tinggalkan. Pilih yang
paling nyaman. Itulah youtuber. Sukses dan bahagia.
Dalami analytic sedalam samudra Atlantic. Analytic
dan trending memberi ide kepada kita tanpa akhir. Apa saja video paling
diminati penonton Anda? Apa saja respon mereka? Apa video paling trending kali
ini? Dari mana penonton sampai ke video Anda? Apa yang paling dicari oleh
penonton?
Analytic memberi data yang lebih dari cukup – meski
tidak lengkap. Manfaatkan analytic untuk kemajuan canel Anda. Kembangkan
kreativitas tanpa batas.
Video baru lebih sukses video lama terpercaya. Dari
analytic maka kita bisa membuat video baru yang lebih sukses. Video yang lama
masih terpercaya ditonton ulang banyak orang. Keunggulan youtube adalah video
yang sudah 10 tahun masih bisa ditonton ribuan orang. Apakah media lain bisa
begitu?
Dari analytic penonton saya suka dengan matematika
yang mudah maka saya buatkan video cara mudah perkalian yang sukses ditonton
lebih dari 3 juta view.
Penonton saya berminat dengan tema jarimatika. Maka
saya buatkan video Super Jarimatika yang sudah ditonton 1,7 juta view.
Tahun 2019 adalah tahun pemilu. Banyak orang perlu
tahu bagaimana cara quick count. Maka saya buatkan video tentang quick count
yang sudah ditonton jutaan kali hanya dalam 2 hari dan sempat masuk trending
youtube.
Akhirnya, mengapa jadi youtuber? Untuk memberi
dampak positif. Kecil atau besar yang penting berdampak positif. Saat kita
fokus memberi dampak positif maka wajar saja bila diri kita terdampak positif
juga. Ayo jadi youtuber positif. Raih sukses dan bahagia bersama-sama.
Bagaimana menurut Anda?
Pak Apiq aplikasi buat coret-coret sambil
rekam screen shootnya pakai apa?. Biar enak pas menjelskan di komputernya, kan
males kalau ngetik. trims
Jawab Yang itu seperti diatas, coret-coretnya mudah
Assalaamu'alaikum
pak. Saya sri indayani dari lamongan. Pak saya tertarik video bpk. Saya juga
pingin bisa membuat vudeo seperti itu. Yang saya tanyakan aplikasi apa yang
bapak gunakan untuk membuat video yg menerangkan mtk seperti nulis langsung
gitu. Saya jg pingin membuat video pembelajaran fisika yang bisa nulis langsung
seperti itu. Terima kasih pak
Jawab Siap
Yang ini jawabannya seperti di atas ya: papan tulis
paman apiq.
Bisa coret2 dan bisa memasukkan gambar atau foto
buku fisika misalnya.
Bisa screen shot juga
Untuk informasi
lebih lengkap jadi youtuber bisa merujuk ke blog saya berikut,
menjadi-youtuber-dan-mendapatkan-jutaan-rupiah-hanya-dari-rumah/
Komentar
Posting Komentar