Pie Susu 3 toping ala mama Tina, ditanggung tidak gagal rasa



              PIE SUSU  ala Mama Tina Anti Gagal Rasa


Saat ini banyak sekali para ibu -ibu                  memanfaatkan ketika
WFH untuk menghindari    konsumsi makanan dari luar atau beli. Sehingga  waktunnya  bagi ibu untuk membuat sesuatu            untuk sang buah hati. semejak pandemi memang tidak pernah membel jajanan diluar. sehinga kangen dengan jajanan yang disukaui anak ayu, dia sangat suka dengan pie sus. Biasanya sering membeli ditoko roti langganan. dan tak mungkin saat ini untuk membelinya karena tidak berana sembarangan dalam membeli makanan. Akhirnya  kami putuskan untuk membuat sendiri.   Dan  Pagi ini dibantu oleh  anak ayu  mempersiapkan bahan-bahan pembuatan dan peralatannya.

Bahan untuk membuat pie susu 
1. bahan untuk kulitnya 
     1 butir kuning telur
     250 gram tepung terigu
     125 gram blueband
     1 sendok makan gula halus 

2. Bahan untuk Fla ( isi )
   3 butir kuning telur
   300 gram Susu kental manis
   200 gram Susu cair UHT
   4 sendok makan tepung maizena 
   vanila sesuai selera

Bagaimana Proses pembuatanya?, mudah lhoo mari simak berikut ini:

campurkan 1 butir kuning telur , tepung terigu, gula halus dan  blueband. setelah itu uleni sampai kalis. Kemudian masukan kedalam plastik simpan dikulkas selama 30 menit.

Sambil menunggu, langsung saja buat fla atau isi pie.  Pertama  kocok 3 kuning telur sampai berbuih  halus dan mengembang setelah itu  tambahkan 200 gram susu cair UHT kalau nggak ada pakai susu bubuk kasih air dengan jumlah yang sama dengan Susu UHT, kemudian campurkan lagi susu kental manis. Campurkan 4 sendok makan tepung maizena jika tidak ada bisa diganti dengan tepung tapioka, selanjutnya Kasih vanila sesuai selera. Kemudian dikocok boleh pakai mixer. Pakai kocokan biasa juga bisa.

Kembali dengan kulit pie yang disimpan dalam kulkas silahkan diambil jika waktu  sudah cukup. kemudian bentuk bulat- bulat supaya sama  rata saat dicetak. 
      
contoh pie saat dicetak
    Setelah dibentuk bulat -bulat  pipihkan / masukkan ke dalam cetakan dan ratakan sebelumnya cetakkan diolesi dengan margarine dahulu supaya tidak lengket.  Resep diatas menjadi 20 buah pie susu.

Kemudian siapkan loyang untuk segera dioven. kami menggunakan oven kompor sehingga panas menyesuaikan dalam lamanya sekitar 45 menit sampai dengan 50 menit jika sudah ada terlihat circle atau lingkaran berarti sudah matang dan segera angkat supaya tidak gosong.  

ooh ya kami membuat pie ini dengan tiga toping  ada toping kismis anggur, toping keju , dan toping susu biasa. supaya tidak bosan.  kalau suka toping , jika tidak suka tidak perlu dikasih toping.
            
contoh pie dengan toping 

Mudah Bukan??  silahkan mencoba dan selamat menikmati pasti rasanya mantul  ( mantap Betul ) hehehe.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

KAMPUNG TANGGUH

TATANAN HIDUP BARU

Semangat hari senin