Berbagi Pengalaman Mengenai Inovasi Pembelajaran



   
RESUME BELAJAR MENULIS
TEMA BERBAGI PENGALAMAN MENGENAI INOVASI PEMBELAJARAN DI AJANG NASIONAL
NARASUMBER  ARIF DARMADIANSAH
PERESUME TINI ANDRIANI
Alamat Email Peresume  istinaandriani784@gmail.com
Ini adalah pertemuan yang ke 10 saya sebagai peserta aktif pelatihan Belajar menulis  gelombang 10.
Pada hari ini dengan tema tersebut diatas dilaksanakan pada hari selasa  tanggal  12 Mei 2020 pukul 13.00 sampai dengan 15 .00 WIB.
Bapak Arif Darmansiah sebagai narasumber yang telah mendapatkan berbagai juara diantaranya juara  Inobel dengan tujuan untuk meningkatan kesan yang menarik  pada saat dikelas. Ia membuat berbagai inovasi pembelajaran yang dapat mempermudah dalam proses belajar mengajar dikelas dengan metode dan peralatan alakadarnya karena keberadaannya yang sulit akan sinyal dan juga penerangan.  Kemudian ia mengembangkan ide – ide atau gagasannya untuk mengembangkan sesuah produk , bahan ajar, media dan lainnya.  Setelah itu menuliskannya pada sebuah karya ilmiah  dan ikut serta dalam lomba tigkat nasional yang diselenggarakan oleh  Dinas Pendidikan Dasar

Ia menceritakan awal mula berkompetisi sampai pada akhirnya meraih juara tingkat Nasional.  Bahwa apa yang telah diraihnya dibutukan kerjakeras yang luar biasa sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.  Dalam mengikuti kompetisi seluruh peserta melewati berbagai tes.

Dan tes yang dilakukan saat babak final meliputi tes tertulis, tes presentasi dan laporan hasil penelitian. Dalam tes tertulis berisi soal peadagogik pilihan ganda 100 soal. Ia tidak pesimis walau tempat mengajar di ujung alor. Daerah 3T kalau orang bilang. Terpencil, terluar, terdalam dan ter ter lainnya. berada di puncak perbukitan, berbatasan langsung dengan negara tetangga timur leste yang dipisahkan oleh selat tidak mengubah semangatnya untuk mengikuti kompetisi ajang nasional.

Dengan bondo nekad  karena minimnya sarana prasarana membuat kegelisahan dan tantangan untuk berbuat lebih baik

Pada tahun 2016 itu terinspirasi dari sebuah proyektor hologram 3d
Ia berkeinginan  menjelaskan invertebrata tapi anak-anak tidak punya gambaran sama sekali agar materi menarik ia mencoba membuat Proyektor. Pertama terbuat dari mika tutup CD bekas itu, yang dibentuk seperti prisma sebagai tempat hologramnya. 

Dan kemudian  hp android sebagai penayang video atau gambarnya. Mika dan  cd  didapet dari teman guru yang sudah tidak dipakai alias  bekas atau bisa disebut limbah. Tetapi  setelah lolos masuk finalis saya ganti menjadi akrilik. Beli di toko harganya 30rbu seukuran kertas A4 akhirnya tampilannya lebih jelas, gambarnya juga detail tidak kusam.

Ia  menggunakan metode pengembangan atau RnD dalam penelitiannya
Setelah itu  produk jadi  dinilaikan ke pengawas sekolah hasilnya valid. Atau layak untuk digunakan dalam pembelajaran
 Dan setelahnya saya ujicobakan ke anak dan mendiseminasikan ke teman guru lain
Akhirnya  hasil yang didapar minat dan hasil belajar anak meningkat.
Ia memberi nama media media tersebut  dengan sebutan  Millea : Mikroskop lensa laser tenaga surya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KAMPUNG TANGGUH

TATANAN HIDUP BARU

Semangat hari senin