RESUME MENULIS DALAM KESIBUKAN




       
                                                    RESUME MATERI
                                             Belajar Menulis Gelombang 10
                         Pertemuan ke-6  :  Selasa 06 Mei 2020
                          Waktu                : 13.00 – 15.00 wib
                         Pemateri            : Much. Khoiri
                         Topik                : “ Menulis Dalam Kesibukan
                         Peresume        : Tini Andriani, S.Pd.
             (istinaandriani784@gmail.com)
              (http://tiniandriani.blogspot.com)
              Menulis dalam kesibukan materi belajar menulis yang disampaikan oleh Bpk. Much. Khoiri sebagai Narasumber.
 Dibawah ini adalah profil Bpak Much Khoiri
Beliau Lahir  didesa Bacem , Madiun 24 Maret 1965. Bpak Much khoiri  kini menjadi dosen  dan penulis buku di FBS Universitas Negeri Surabaya ( Unesa) , trainer, editor,pengerak litersi. Alumnus International Writing program di university in American studies di Chinnese University of Hongkong ( 1996 ) ini trainer untuk berbagai pelatihan motivasi literasi. Beliau masuk dalam buku 50 Tokoh inspiratif Alumni Unesa ( 2014 ) dan  juga pernah menjadi redaktur pelaksanaan jurnal sastra  dan seni. Selain menghidupkan beberapa komunitas Penulis beliau juga pernah mengomandani ngaji Sastara di Pusat Bahasa Unesa bersama sastrawan. Karya – karya nya ( fiksi  dan non fiksi ) dimuat diberbagai media cetak , jurnal dan online, baik dalam maupun luar negeri.

            Beliau telah menerbitkan 42 judul buju tentang budaya, sastra dan menulis  kreatif baik mandiri maupun antologi.  Buku beliau yang laris diparasan antara lain Jejak Budaya meretas peradaban (2014)Rahasia Top Menulis (2014), Pagi Pegawai Petang Pengarang ( 2015 ). Much. Khoiri dalam 38 wacana (2016 ), Kampus Gerbang Kata ( 2016 ), Bukan Jejak Budaya ( 2016 ), Kata ( 2016) , Mata Kata : Dari literasi Diri ( 2017 ), write or die : jangan Mati Sebelum menulis  ( 2017 ) ,Virus Emcho berbagi  epidemi Inspirasi ( 2017), writing is selling ( 2018 ), Praktik Literasi Guru Penulis Bojonegoro  ( 2020) , Virus Emcho :  Melintas batas ruang waktu ( 2020 dan SOS sapa ora sibuk : menulis dalam kesibukan( 2020) dan sekarang  menulisbudaya , literasi dan karya sastra ( puisi dan cerpen ).




 

              



Siapa yang tida sibuk?
Pertanyaan ini adalah awal dari pembelajaran menulis dalam kesibukan hari ini.
Sudah tentu setiap orang pasti mempunyai kesibukan yang berbeda. Seperti contoh dalam kantor masing orang sibuk dengan pekerjaan sendiri ada yang sedang mengetik , membuat laporan , sedang meuilis atau mennerima telepon. Begitu juga ketika kita berada dalam perjalanan terlihat betapa banyak orang yang wara wiri sibuk menikmati pekerjaan sendiri ada bersepeda dengan membawa barang dagangan dan lainya semua tentu sama sama memiliki kesibukan.

 



     


Mengapa harus menulis?
Menulis itu berkomunikasi.Kita bisa mengkomunikasikan gagasan ,ide
bukan expresi  , orang bijak bicara karena punya sesuatu untuk disampaikan.

Dalam tulisan seolah olah kita dan pembaca seakan berada dalam forum saling berhadapan: , bisa pakai kata , saya, anda, saudara, para pembaca.
Materi tulisan harus selaras dengan kebutuhan  audiens ( pembaca )
Pengorgannisasian materi tulisan juga perlu bagus: tulisan enak diikuti  ,jangan sampai satu halaman satu paragraph , bisa bikin kepala pembaca cenut cenut , buat menarik susunannya. Penggunaan bahasa yang komunikatif.
Dalam tulisan kita  gunakan bahasa yang enak sehingga pesan tersampaikan.
 17 strategi  jitu dalam menulis 
1.Tetapkan niat Mneulis
2. Rajinlah membaca
3. gunakan alat perekam
4. kobarkan inspirasimenulis
5. tentukan waktu utama
6. Bagi pemula ,menulis bebas
7. Menulis didalam hati
8. Menulis diwaktu Utama
9. memanfaatkan waktu luang
10. menulis yang dialami
11. menulis yang dirasakan
12. menulis selaras dengan minat dan pekerjaan
13. menulis dengan riang
14. menulis yang banyak
15. read better , write faster
16. buatlah motto yang dasyat
17 menulis dengan doa

        Untuk 17 strategi tidak harus semua , harus cari yang relevan misal write better ( menulis cepat ) , read faster( membaca cepat ) tidak coocok untu penulis pemula. Jangan lakukan jika belum mahir karena menulis cepat ini dilakukan oleh orang yang sudah mahir saja , jangan ngebut malah nabrak – nabrak. Menulislah yang ringan dan riang,sesuai dengan kemampuan.  Misal dalam perjalanan menemukan apa prosesi nganten adat jawa dengan adat sunda nah itu bisa dituliskan menjadi sebuah tulisan.
Kita jangan sombong, jadi penulis harus siap untuk merendah, kita  merasa bahwa kita masih dalam belajar terus. Dalam menulis perlu  mencatat letupan letupan ide atau gagasan atau poin – poinnya.
Menulislah sesuai dengan kapasitas.
Kesimpulan dari bapak narasumber Bahwa Kesibukan memang selalu ada diantara kia  karena hakekatnya hidup ini penuh dengan kesibukan   yang penting menyiasati kesibukan itu  sehingga kita bisa menunaikan kewajiban  menulis . Banyak cara strategi  dari 17 itu  mana yang  sekiranya bisa bapak ibu melakukan kegitan menulisan untuk diamalkan. Mudah mudahan berhasil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KAMPUNG TANGGUH

TATANAN HIDUP BARU

Semangat hari senin