RESUM MENCIPTAKAN POLA BELAJAR YANG EFEKTIF DIRUMAH



 
RESUME BELAJAR MENULIS HARI SENIN TANGGAL 18 MEI 2020
TEMA MENCIPTAKAN POLA BELAJAR YANG EFEKTIF DARI RUMAH
PERESUME : TINI ANDRIANI
NARASUMBER : WIJAYA KUSUMAH ( OM JAY )

Belajar menulis gelombang pertemuan ke -15.  Materi disampaikan oleh bapak Wijaya Kusumah yang akrab dipanggal Omjay.
Situasi sekrang ini memang membutuhkan ide  pemikiran yang extra. Keadaan yang membuat kita terjebak dalam arus derasnya arus penyebaran covid19. Hal inilah membuat kita semua gagap pada kebiasaan – kebiasaan. Dalam sehari – hari setiap insan didunia ini sudah memiliki aktivitanya dan menikmatinya. Namun dengan adanya pandemi ini semua terhenti.

 Bagaimana tidak?  banyak hal yang harus kita hindari , banyak kesempatan yang tertunda.  Sungguh kita semua berharap senmua ini segera berlalu. Dunia pendidikan tak mau menyerah , para pendidik mulai menyingsing kerahnya untuk membuat berbagai inovasi – inovasi selama pandemi. Inovasi yang dilakukan ada berbagai cara.dan kebanyakan secara virtual untuk menghindari kontak fiisk secara langsung. Mari kita simak dari penjelasan tentang  “Menciptaka  pola  Belajar Efektif di rumah”

Seperti halnya pelatihan belajar menulis kali ini. Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui WA yang semua orang bisa mengaksesnya dengan mudah.
Saat belajar dirumah guru dan siswa diharapkan sama sama senang. Pembelajaran bisa terjadi karena akses internet lancar , akan tetapi jika internet itu mati maka keresahan yang terjadi akan menegangkan .

Menurut kamus besarbahasa indonesia Pola adalah  sistem kerja cara kerja cara kerja
Kamus Antropologi adalah pola adalah rangkain unsur unsur yang sudah mantap mengenai suatu gejala dan dapat dipakai sebagai contoh dalam menggambar atau untuk mendeskripsikan gejala itu sendiri.

 Mensciptakan adalah membuat sesuatu dari yang belumada menjadi ada. Dan efektif bisa diartikan  sebagai sesuatu yang dapat mencapai tujuan maksimal sesuai yang diharapkan.
Rumah adalah salah satu bangunan sebagai tempat tinggal. Selama jangka waktu tertentu, rumah yang nyaman memberikan kenyamanan bagi yang menepatinya.


 


Berdasarkan definisi diatas dapat diartikan bahwa pola belajar di rumah yang efektif  dari rumah  adalah suatu susunan kegiatan yang digunakan untukmelakukan  perubahan tingkah laku yang maksimal dari suatu tempat yang nyamanagar dihasilkan sesuai yang  diharapkan dan pembelajaran harus  menyenangkan semua.

Dengan demikian  peserta didik atau siswa yang melaksanakan pola efektif dari rumah dapat melekukan kegiatan sesua dengan jadwal. Rumah adalah tempat tinggal yang nyaman.  Semua siswa membuat perencenaan jadwal .Semua yanng dilakukan siswa sesuai jadwal.

Guru dan orang tua bekerja sama membuat jadwal sehingga pola didik secara konsisten tetap belajar.   Sehingga terbiasa Anak anak bisa mengerjakan tugas dengan  sesuai dengan perencanaan dengan jadwal.

Dengan perencanaan maka akan mempermudah dan efektif dalam pengecekanya.
Menciptakan belajar efektif dirumah harus disiplin sesuai dengan perencanaan waktu. Jika tidak disiplin maka akan berpengaruh kepada pengetahuan kemampuan.  



Komentar

Postingan populer dari blog ini

KAMPUNG TANGGUH

TATANAN HIDUP BARU

Semangat hari senin